Wednesday, February 27, 2013

Konserto Biola No 5 (Mozart)



Menikmati Konserto Biola No 5 dari Mozart di Melbourne

Wolfgang Amadeus Mozart (Wikipedia)


Bagi pencinta musik klasik, menonton pagelaran konser dengan pemain kelas dunia merupakan impian tersendiri. Dan impian itu terwujud sewaktu saya berada di Melbourne, Australia beberapa tahun yang lalu. Saya sempat dua kali menyaksikan permainan Melbourne Symphony Orchestra di Gedung Melbourne Concert Hall yang megah, yang berada dalam kompleks Victorian Art Center. Gedung ini diatapnya ada menara yang mirip menara Eiffel di Paris, sehingga pada malam hari tampak jelas karena kemerlip lampu yang menghiasinya.

Yang pertama, 16 Maret 1995 saya menikmati Overtur Perkawinan Figaro dan Konserto Biola No 5 dari Mozart serta Simfoni No 4 dari McCabe dan salah satu overtur Elgar. Orkes dimainkan oleh Melbourne Symphony Orchestra dengan Vernon Handley sebagai konduktor dan Vladimir Spivakov sebagai violin.

Dalam kesempatan kedua, Rabu 22 Maret 1995, saya sempat menikmati Simfoni Dunia Baru-nya Dvorak dan konserto cello dari Elgar, dengan orkes dan konduktor yang sama, serta Liwei Qin sebagai pemain cello. Liwei Qin adalah pemain muda berbakat yang pernah memenangkan Young Archiever of the Year Arts pada tahun 1993.  Itulah pertunjukan konser musik klasik yang pernah saya saksikan di Melbourne Concert Hall yang megah, hampir 18 tahun yang lalu.

Dalam tulisan ini saya ingin mengajak anda untuk menikmati permainan biola dari Janine Jansen yang memainkan Konserto Biola No 5 dalam A besar K219, yang dimainkan European Union Youth Orchestra dengan Vladimir Ashkenazy sebagai konduktor. Konser ini diselenggarakan di Royal Albert Hall, 12 Agustus 2006:








Wolfgang Amadeus Mozart (1756-1791) adalah komponis yang amat produktif, tidak kurang 21 konserto piano, lima konserto biola, 41 simfoni, 24 kuartet gesek dan musik kamar lainnya, serta sejumlah musik opera seperti Perkawinan Figaro, Don Giovanni, Cosi fan tutte dan Seruling Ajaib telah diciptakannya dalam rentang usianya yang relatif pendek (dia meninggal pada usia 35 tahun dalam keadaan papa). Dia juga dikenal sebagai anak ajaib (prodiji) karena dalam usia yang amat muda ( empat tahun) dia telah mahir memainkan piano. Dan boleh dikatakan hampir semua ciptaannya merupakan karya besar, diantaranya monumental.

Konserto Biola No 5 terdiri dari tiga bagian, yaitu:

1.      Allegro Aperto - Adagio - Allegro Aperto

2.      Adagio

3.      Rondo - Tempo di Minuetto

Bagian pertama dimulai dengan aperto yang jarang dibuat dalam musik-musik instrumental Mozart, tapi banyak dipakai dalam musik-musik operanya. Ini berarti bahwa karyanya ini harus dimainkan dengan cara yang lebih besar dan megah daripada hanya sekedar dikatakan sebagai allegro. Bagian pertama dibuka dengan orkestra yang memainkan tema utama, khas Mozart. Biola solo masuk dengan manisnya dalam A Major yang didampingi orkestra. Kemudian kembali ke tema utama dengan biola solo memainkan melodi yang berbeda. Bagian pertama ini lamanya sampai 10-11 menit,  

Bagian akhir rondo didasarkan pada tema Minuet yang berlangsung beberapa kali. Pada bagian pertengahan, tempo berubah dari ¾ ke 2/4 dan disini dimainkan bagian “musik Turki” yang terkenal itu. Bagian ini dicirikan dengan perubahan ke A Minor (dari A Major yang asli), dan dengan menggunakan elemen grotesque, seperti chromatic crescendo yang bersatu, pengulangan elemen musik yang pendek dan col legno (teknik permainan dimana dawai cello dimainkan dengan cara dipukulkan dengan punggungnya dan tidak gesekkan) bermain dalam selo dan bas ganda. Pada bagian ini Konserto mendapat julukan Konserto Turki. Rondo alla Turca yang terkenal dari sonata piano dalam A Major karya Mozart menggunakan kunci dan elemen yang sama. Keseluruhan karya ini selesai dalam kira-kira 28 menit.

Janine Jansen adalah pemain biola berbakat yang lahir di Soest, Negeri Belanda, 1978. Untuk mengetahui Janine lebih jauh, silakan kunjungi situsnya di http://www.janinejansen.com/ atau lewat Facebook: http://www.facebook.com/janinejansenviolin

Selamat menikmati!



Sumber: Wikipedia dan The Encyclopedia of Music

No comments:

Post a Comment