Tuesday, February 26, 2013

Konserto Piano No 2, Op 83 (Brahms)



Musik yang tercipta dari hasil berlibur



Johannes Brahms (Johannes Brahms.org)


Konserto Piano No 2 dalam B flat major, Opus 82 tercipta setelah Brahms pulang dari berlibur di Italia. Konserto ini ditulis antara tahun 1878 sampai 1881. 

Tiga tahun diperlukan untuk menghasilkan karya ini, salah satu karya Brahms yang paling terkenal setelah Konserto Piano No 1 yang ditulis 22 tahun sebelumnya. 

Yang tidak biasa, dalam Konserto Piano ini ditambahkan bagian scherzo sebagai bagian ekstra. Ini lebih seperti simfoni karena biasanya konserto piano pada abad ke 19 hanya terdiri dari tiga bagian.


Mendengarkan konserto piano ini akan lebih menarik apabila kita bisa menyimak bagaimana piano berinteraksi dengan orkestra:


  • pada saat orkestra mendampingi piano
  • pada saat piano mendampingi permainan instrument solo dalam orkestra
  • pada saat piano berduet dengan instrument orkestra
  • pada saat piano dan orkestra bermain dalam pola saling bersambut

Coba dengarkan baik-baik bagian paling dalam dari melodi. Anda bahkan bisa menangkap melodi yang berkembang menjadi saling mendampingi, misalnya makin melemah atau berubah menjadi terbalik. 

Bagaimana kira-kira Brahms ingin pendengarnya berfikir atau merasakan pada saat mendengar Konserto Pianonya yang kedua ini? Bagian mana menurut anda yang paling menantang atau sulit untuk dimainkan oleh pianis?


Mari kita dengarkan bagian demi bagian. Nimati rekaman YouTube berikut ini, dengan Daniel Barenboim sebagai pianis diiringi München Philharmoniker dengan Sergiu Celibidache sebagai dirigen: 



Bagian I -  Allegro non troppo


Simak pembukaan yang dimulai dengan permainan terompet Prancis, dan diikuti oleh piano. Pada pembukaan ini ada bagian permainan virtuoso yang berdiri sendiri atau cadenza. Bagian ini adalah B flat major. Dengarkan bagaimana karakter ini yang kontras dengan kunci minor pada bagian berikutnya.


Bagian 2: Allegro appassionato (scherzo)


Bagian ini dimulai dengan permainan piano solo. Bagian kedua ini memiliki struktur tiga bagian:  D minor - D major - D minor. Apakah anda dapat membedakan karakter antara bagian major and minor? Semangat yang seperti tarian dengan 3 beat dalam bar ini kontras dengan karakter yang ada disekitarnya. Bagian ini diakhiri dengan sesuatu yang megah, chord D minor yang nyaring pada orkestra piano. 


Bagian 3: Andante


Permulaan bagian ini cukup pelik dengan permainan solo dari cello yang liris, yang kemudian dialihkan ke piano solo. Simak bagaimana pada awalnya mereka bermain sendiri-sendiri, tapi dapatkah anda mengamati kapan kemudian bermain bersama? Dengarkan bagian yang penuh damai dengan permainan dawai  yang lembut diiringi piano solo. Permainan cello solo kemudian kembali menjelang akhir. Bagian ini tidak banyak mengggunakan instrumen, sehingga menghasilkan tekstur orkestra yang lebih sedikit.


Bagian 4: Allegretto grazioso


Dengarkan mood yang berbeda: karakter gypsy pada pembukaan dengan biola dan piano, dengan akhir yang seperti badut. Dengarkan melodi yang mengalir diantara instrumen yang berbeda. Dengarkan pula dan lihat kemampuan teknik permainan piano yang lincah. Konserto ini diakhiri dengan chord pada B flat major yang membahana. 


Sumber: 



No comments:

Post a Comment