Rach 2
Sumber: Wikipedia, the free encyclopedia
Rachmaninoff pada awal tahun 1900an (Wikipedia) |
Konserto Piano No 2 dalam C kecil Opus 18 adalah konserto untuk piano dan orkes yang komposisinya dibuat oleh Sergei Rachmaninoff antara musim gugur tahun 1900 dan April 1901. Bagian kedua dan ketiga dimainkan untuk pertama kalinya dimana komponis sendiri bermain pada piano pada 2 Desember 1900. Komposisi ini secara lengkap dimainkan pada pertunjukan perdana pada 9 November 1901, juga dimainkan komponisnya pada piano dengan sepupunya, Alexander Siloti sebagai konduktor.
Ciptaan Rachmaninoff ini dikenal paling populer dan meneguhkan dirinya sebagai komponis pencipta konserto ternama. Pada pertunjukan perdana tahun 1897, simfoni pertama Rachmaninoff, mesipun dianggap percapaian yang berarti, kritik kontemporer mencemoohnya. Diterpa oleh masalah kehidupan pribadinya, Rachmaninoff mengalami depresi selama beberapa tahun. Konserto Piano yang kedua ini memastikan kebangkitannya dari depresi klinis dan dari ketidakmampuannya menulis. Konserto ini dipersembahkan untuk Nikolai Dahl, dokter yang telah banyak membantunya mengembalikan rasa percaya diri Rachmaninoff.
Untuk mendengarkan Konserto ini secara lengkap, klik tautan berikut dari YouTube, yang dimainkan oleh Helene Grimaud pada piano dengan konduktor Claudio Abbado, dari konser tahun 2008 di Lucerne, Swiss.
Bagian
pertama http://www.youtube.com/watch?v=uJRHht55E1M
Bagian kedua http://www.youtube.com/watch?v=znlUBaLH2zY
Bagian kedua http://www.youtube.com/watch?v=znlUBaLH2zY
Bagian ketiga http://www.youtube.com/watch?v=g3Uzi0Vndbo
Orkes dibuka dengan
ketukan pada piano seperti suara bel yang semakin menguat dan berakhir klimaks
dengan masuknya tema utama. Dalam bagian pertama ini orkes membawakan melodi
dengan karakter Rusia sedangkan piano menyertainya dengan gerakan yang semakin
cepat. Setelah tema pertama yang panjang, melodi berganti dengan cepat memasuki
tema kedua dalam E-besar.
Dengan meminjam motif
dari kedua tema sebelumnya, musik berkembang secara tidak seimbang dan
teraduk-aduk serta sering berubah kunci, memberikan melodi pada instrumen lain
pada saat dimana gagasan musik yang baru secara perlahan mulai terbentuk, tapi
dalam rekapitulasi, tema yang disuguhkan terdengar unik dalam bagian pertama ini.
Pada waktu orkes
menegaskan kembali tema pertama, piano, dimana sebelumnya dengan setia
mengikuti, sekarang bermain dengan tema seperti berbaris yang sebelumnya pernah
disampaikan sebagian, dan ini memerlukan penyesuaian yang sangat besar, karena
tema utama, yang dimainkan orkes sudah seiring sejalan. Ini diikuti dengan
permainan piano tunggal, yang berakhir dengan nada menurun dan diakhiri dengan
permainan terompet Perancis. Dari sini bagian menit-menit terakhir berlalu
dengan tenang hingga akhirnya sampai pada koda agitatif, dan bagian ini
berakhir di C-kecil.
Bagian kedua: Adagio
sostenuto - PiĆ¹ animato – Tempo I: C minor → E
major
Bagian kedua dibuka dengan
rangkaian chord lambat pada biola yang bergerak dari C kecil pada bagian
pertama menuju E besar pada bagian ini. Piano masuk, memainkan gambaran
sederhana. Tema utama ini dimulai dengan memperkenalkan seruling, sebelum
dikembangkan oleh solo klarinet yang meluas. Motif ini lewat di antara piano
dan instrumen tunggal lainnya sebelum meningkat menjadi klimaks pendek yang
bertumpu pada piano. Tema aslinya diulangi lagi, dan musik secara perlahan
menghilang, berakhir hanya pada ketukan dalam E kecil.
Bagian ketiga: Allegro scherzando: E major → C minor → C major
Bagian terakhir ini dibuka dengan pengantar singkat dari orkes yang bermodulasi dari E (kunci pada bagian sebelumnya) ke C, sebelum piano tunggal memimpin dengan tema pertama yang agitatif. Setelah tempo cepat yang asli dan drama musik berakhir, tema liris kemudian diperkenalkan oleh oboe dan biola. Tema kedua ini memelihara motif tema kedua dari bagian kedua. Setelah pengembangan yang panjang, tekanan mulai menguat dengan keras, orkestra fortissimo. Setelah itu, koda estatis yang cepat mengantar ciptaan ini pada penutupan, yang diakhiri dengan C besar.
Bagian terakhir ini dibuka dengan pengantar singkat dari orkes yang bermodulasi dari E (kunci pada bagian sebelumnya) ke C, sebelum piano tunggal memimpin dengan tema pertama yang agitatif. Setelah tempo cepat yang asli dan drama musik berakhir, tema liris kemudian diperkenalkan oleh oboe dan biola. Tema kedua ini memelihara motif tema kedua dari bagian kedua. Setelah pengembangan yang panjang, tekanan mulai menguat dengan keras, orkestra fortissimo. Setelah itu, koda estatis yang cepat mengantar ciptaan ini pada penutupan, yang diakhiri dengan C besar.
Ini adalah salah satu dari banyak komposisi Rachmaninoff yang paling saya suka
ReplyDelete