Sunday, February 24, 2013

Konserto Biola No 1 dalam C Kecil (Max Bruch)



Nicola Benedetti dan Konserto Biola No 1 dari Max Bruch


Max Bruch (Wikipedia)
Max Bruch (1838 – 1920) adalah Komponis Jerman yang termasuk dalam era akhir Romantik. Konserto Biola No 1 dalam G kecil Op. 26 adalah salah satu dari tiga karyanya yang paling terkenal yang dibuatnya tahun 1868. Dia juga dikenal sebagai konduktor dan profesor dalam bidang komposisi pada Sekolah Tinggi Berlin. Komposisi ini menggunakan beberapa teknik yang digunakan Mendelssohn dalam Konserto Biola dalam E Kecil (nantikan artikelnya dalam blog ini), misalnya dalam memadukan antar gerakan, serta tidak adanya eksposisi pembukaan orkestra yang klasik, dan struktur formal konservatif lainnya. Melodi yang bergairah dan sensual mendominasi struktur orkestra, sehingga  banyak kritikus musik  yang menghargai karya ini sebagai intinya Romantisme (Wikipedia).


Melalui rekaman yang diunduh dalam YouTube, kita dengarkan Konserto Biola No 1 dari Max Bruch. Biola dimainkan oleh Nicola Benedetti yang diiringi BBC Symphony Orchestra dengan Jiří Bělohlávek sebagai koduktor pada konser yang berlangsung di Royal Albert Hall, 8 September 2012.
  



Nicola Benedetti (www.nicolabenedetti.co.uk)
Nicola Benedetti yang lahir di West Kilbride, Ayshire, Inggeris pada 19 Juli 1987 adalah pemain biola yang sudah akrab dengan musik klasik sejak ia masih berumur empat tahun. 

Nicola baru saja menyelenggarakan konsernya di Singapura pada 1-2 Februari 2013 yang lalu. Dia bermain di Esplanade Concert Hall Singapura bersama Singapore Symphony Orchestra dengan Neeme Jarvi sebagai konduktor. Dalam konser tersebut Nicola memainkan dua karya Erich Wolfgang Korngold, yakni “Marrietas Lied” dan “Tanzlid des Pierrot.” (Kompas, 23 Februari 2013).




No comments:

Post a Comment