Friday, February 22, 2013

Konserto Piano No 1, Tchaikovsky



Konserto Piano No 1 (Tchaikovsky)

(Disarikan dari Wikipedia, the free encyclopedia)


Tchaikovsky (Wikipedia)

Konserto Piano No 1 dalam B-flat minor, Opus 23 dibuat komposisinya oleh Pyotr Ilyich Tchaikovsky antara bulan November 1847 dan Februari 1875 yang kemudian direvisi pada musim panas 1879 dan Desember 1888/ Versi pertamanya mendapat kritik pedas dari Nikolai Rubinstein, pianis yang diinginkan Tchaikovsky. Tapi kemudian dia menolak tuduhan sebelumnya dan berbalik mendukungnya. 

Konserto ini adalah salah satu komposisi yang paling populer dari Tchaikovsky dan paling dikenal dari semua konserto piano.



Konserto Piano ini terdiri dari tiga bagian sebagaimana bentuk tradisional, yaitu: 

  1. Allegro non troppo e molto maestoso – Allegro con spirito (B flat minor → B flat major)
  2. Andantino semplice – Prestissimo (D flat major)
  3. Allegro con fuoco (B flat minor → B flat major)

Bagian pertama dimulai dengan chord pada B-flat minor yang tegas, yang beralih menjadi tema yang liris dan bergairah dalam D-flat major. Tema tambahan ini tidak muncul lagi dalam sisa keseluruhan bagian. Tema utama dari konserto adalah tema musik rakyat Ukraina yang kontras dengan tema romantik. Bagian ini berkembang dengan tema musik rakyat yang berdampingan dengan tema romantik. Tema utama kembali lagi direkapitulasi dalam kunci tonik dan tema romantik dalam tonik besar. Tapi gerakan ini tidak kembali ke tonik kecil, tapi bahkan melaju dalam koda yang penuh kemenangan an optimistis. Konserto ini ditutup dalam B-flat major dengan pukulan drum yang beruntun.

Bagian pembukaan dari Konserto ini menyisakan pertanyaan para analis dan kritikus music, karena berdiri sendiri dan tidak diulang lagi dalam keseluruhan Konserto. Tema ini didasarkan pada melodi yang didengar Tchaikovsky dari seorang musikus jalanan yang buta di pasar Kamenka (dekat Kiev).


Tchaikovsky melakukan perbaikan konserto ini tiga kali, terakhir tahun 1888, versi yang umumnya dimainkan sekarang. Salah satu perbedaan yang paling nyata antara versi asli yang yang sekarang adalah pada bagian pembukaan. Chord oktaf dimainkan pianis, dimana orchestra memainkan tema yang terkenal, aslinya ditulis sebagai arpeggio (teknik musik dimana nada dalam chord dimainkan secara berurutan, tidak dimainkan sekaligus). Komposisi ini juga semula dirancang untuk dimainkan oleh dua piano, tapi kemudian direvisi bulan Desember 1874. 

Sejarah penyusunan Konserto Piano ini secara lengkap dapat dilihat pada tautan berikut:  



Dengarkan dan nikmati permainan piano Martha Argerich dalam Konserto Piano No 1 dari Tchaikovsky dengan dirigen Charles Dutoit dalam rekaman YouTube dari tahun 1975 berikut ini: http://www.youtube.com/watch?v=ItSJ_woWnmk.  

Martha Argerich adalah pianis yang berasal dari Argentina. Argerich lahir di Buenos Aires, 5 Juni 1941. Dia memenangkan International Chopin Piano Competition ke 7 di Warsawa tahun 1965 saat dia berusia 24 tahun. Tahun 1965 debutnya meningkat setelah menjadi pianis di Lincoln Center's Great Performers Series. Pada tahun yang sama dia membuat rekaman pertamanya dengan memainkan karya-karya Chopin, Brahms, Ravel, Prokofiev dan Liszt. Dia menikah beberapa kali, Charles Dutoit adalah salah satu pria yang pernah dinikahinya pada tahun 1969-1973.

No comments:

Post a Comment