Wednesday, March 6, 2013

Seri Artis: Helene Grimaud, pianis



Helene Grimaud (Wikipedia)

Hélène Grimaud adalah pianis kelahiran Perancis tahun 1970. Dia mulai bermain piano pada umur tujuh tahun, dan belajar musik tahun 1982 di Conservatoire de Paris.   

Tahun 1985 ia memenangkan peringkat pertama pada Konservatori tersebut dan Grand Prix du Disque of the Academie Charles Cros untuk rekaman Piano Sonata No 2 dari Sergei Rachmaninoff. 

Pada tahun 1991 di usianya yang ke 21 ia pindah ke Tallahassee, Florida, AS. Dia juga pernah tinggal di Westhester County, di bagian utara Kota New York. Setelah beberapa lama tinggal di Berlin, dia sekarang menetap di Swis. Helena juga memiliki kegemaran mendalami kehidupan serigala (wolf), dimana dia mempelajari dan membesarkannya. 

Sekarang dia membagi waktunya antara karir musiknya dan Pusat Konservasi Serigala (Wolf Conservation Center) yang dia biayanya bersama mitranya, fotografer J. Henry Fair. Dia juga mengalami synesthesia, yaitu perasaan  sensasi pada saat dua hal yang bersifat fisik menjadi berbaur, dalam hal ini dia melihat musik sebagai warna.

Permainan piano Hélène Grimaud dapat digambarkan sebagai “api dan es, semangat/gairah (passion) tapi penuh pertimbangan dalam satu kesatuan" (Le Monde de la Musique). Dia tidak hanya sekedar pianis muda berbakat, dia juga seorang wanita luar biasa, mencintai dua dunia secara bersamaan – musik dan serigala. Dalam video berikut diceritakan bagaimana di Eropah dia bekerja, berlatih, membuat rekaman dan tampil dalam berbagai pagelaran, dan dirumahnya di New York dia sibuk mengurus serigala di pusat konservasi serigala. 

Dari wawancara yang hangat dan terbuka dengan Hélène Grimaud kita mendapatkan lebih dalam sisi kehidupannya dan musiknya. Ikuti wawancaranya di sini (dari classical tv – Classical Music – Helen Grimaud: Living with Wolves).

Hélène banyak memainkan karya-karya musisi periode romantik. Di awal karirnya dia menyukai karya-karya Chopin, diantaranya  Prelude No 15 (Raindrop) dan Piano Sonata No 2. 

Nikmati permainan pianonya dalam karya-karya musik abadi berikut ini:
Adagio dari Piano Konserto No 23 dari Mozart; Prelude in C dari Johann Sebastian Bach; petikan dari beberapa karya Beethoven: Sonata Terang Bulan, Piano Konserto No 5 Bagian Kedua dan Bagian Ketiga; Sonata Piano dalam B Kecil dari Franz Liszt, dan video yang memperlihatkan kehidupan serigala di habitatnya, dengan melodi Sonta Terang Bulan (Moonlight Sonata) dari Beethoven. 

Bagi yang kebetulan mengerti bahasa Perancis, ikuti wawancara dengan Hélène di sini, sebelum wawancara, nikmati dulu permainan pianonya dalam memainkan bagian pertama dari Konserto Piano No 2 dari Rachmaninoff. Situs resmi Hélène Grimaud dapat dilihat di: http://helenegrimaud.com/

Selamat menikmati….






No comments:

Post a Comment