Friday, March 29, 2013

Konserto biola dalam D besar Op 61 (Beethoven)

Beethoven (biography.com/people/ludwig-van-beethoven)

Kebesaran nama Beethoven sebagai komponis musik abadi sudah tidak ada yang meragukannya lagi. Dari sekian banyak karya komponis ternama ini, Konserto biola dalam D besar Opus 61 merupakan salah satu karyanya yang monumental dan banyak dipergelarkan dalam konser-konser musik klasik sampai sekarang. 

Ditulis pada tahun 1806, karya ini dipersembahkan Beethoven untuk Franz Clement, seorang pemain biola yang terkenal pada waktu itu, dan banyak membantu Beethoven dalam menyelesaikan karya operanya, Fidelio. Tapi pada pergelaran perdananya, karya ini kemudian didedikasikan bagi temannya yang lain, Stephen von Breuning. 

Ceritanya, Clement sempat kesal karena bagian solo dari konserto ini dibuat cukup lama oleh Beethoven, dan dia mengatakan dia juga bisa kalau punya waktu cukup lama. Untuk menunjukkan kekesalannya, pada akhir bagian pertama, Clement sempat memasukkan ciptaannya sendiri. Versi lain menceritakan bahwa dia membuat tambahan itu pada bagian akhir saja. Karya ini dianggap gagal dan kurang mendapat tanggapan, sampai pada tahun 1844, pada waktu Beethoven sudah tiada, karya ini dimainkan kembali oleh volinis Joseph Joachim dengan konduktor Felix Mendelssohn. Sejak itu karya ini menjadi terkenal sampai sekarang dan banyak dimainkan dalam konser-konser musik klasik. Keabsahan cerita diatas memang perlu dikaji kembali, karena banyak cerita yang beredar dengan versi yang berbeda-beda pula. Terlepas dari itu semua, Beethoven memang seorang jenius, terbukti dari karya-karyanya yang tetap abadi sampai sekarang.

Mari kita dengarkan karya ini, yang dimainkan oleh Arabella Steinbacher sebagai violinis dengan Walter Weller sebagai konduktor, pada pagelaran tahun 2009 di Madrid, Spanyol, yang diunggah ke YouTube oleh jamishiki362 tanggal 5 Desember 2012:
http://www.youtube.com/watch?v=PvrPGO7ja3k

.
Arabella Steinbacher (Facebook)
Arabella Steinbacher adalah seorang pemain biola kelahiran Munich, Jerman, 14 November 1981, dari ayah seorang Jerman dan ibu Jepang. Pada usia tiga tahun, dengan dorongan ibunya dia mulai belajar memainkan biola melalui guru biola orang Jerman. Pada umur sembilan tahun dia masuk sekolah Munich College of Music dengan mentor Ana Chumachenko. Arabella kemudian tampil di panggung-panggung pergelaran musik klasik di berbagai negara

Pada malam ini (Jum'at, 29 Maret 2013) dia manggung di The Kennedy Center, Washington DC, memainkan karya Beethoven ini untuk tiga hari pertunjukan berturut-turut (28-30 Maret 2013), dengan Marek Janowski sebagai konduktor. Dalam komentarnya, Harian  New York Times mengatakan dia (Arabella Steinbacher) bermain dengan "keseimbangan lirik dan api... yang dipoles halus dan dengan variasi nada palet yang cantik".

Ingin tahu lebih jauh tentang Arabella Steinbacher? Kunjungi situs resminya di:


(Dari berbagai sumber, antara lain Wikipedia, the free encyclopedia).


No comments:

Post a Comment