Monday, March 18, 2024

Tarian Para Pelawak

Tarian Para Pelawak (Dance of the Comedians) ciptaan Bedrich Smetana adalah cuplikan musik yang diambil dari opera Bohemia yang terkenal "Th Bartered Bride" (Pengantin yang Dibarter), dimana bagian ini merupakan favorit penonton, dengan ritme yang hidup dan melodi karakteristik. Bagian ini memiliki permainan biola yang cepat. Meskipun secara teknis tidaklah terlalu sulit untuk dimainkan, tetapi mengamati penampilan berikut ini, yang dimainkan anak-anak muda, menjadikannya tontonan yang menarik. (Disarikan dari Hafabra music: di sini).


Video ini diunggah di YouTube oleh Akademia Filmu i Telewizji, menampilkan The Young Cracow Philharmonic, dengan Thomasz Chmiel sebagai konduktor, direkam di Polish National Opera di Warsawa, Polandia, 1 Oktober 2017. Selamat menikmati.

https://www.youtube.com/watch?v=KY1b52b0Re4

Bedrich Smetana (2 Maret 1824 - 12 Mei 1884) adalah komponis Ceko (Czech), perintis pengembangan jenis musik yang dekat dengan identitas aspirasi masyarakat Ceko dalam "kebangkitan" budaya dan politik. Di negaranya dia dihargai sebagai bapak musik Ceko. Secara internasional dia terkenal melalui opera The Bartered Bride dan siklus simfoni Má vlast ("My Fatherland"), yang menggambarkan sejarah, legenda dan alam pemandangan Bohemia, tempat dimana komposer berasal. Termasuk di dalamnya adalah puisi simfonis "Vitava", yang juga dikenal dengan nama Jermannya sebagai "Die Moldau" atau The Moldau.  

Smetana terlahir sebagai komposer alamiah, dan penampilan publik pertamanya saat dia berusia enam tahun. Setelah melalui sekolah konvensional, ia belajar musik di bawah bimbingan Josef Proksch di Praha. Musik nasionasistis dia yang pertama ditulis pada saat revolusi Praha tahun 1848, dimana dia sempat ikut berpartisipasi. Setelah gagal dalam menempuh karirnya di Praha, dia berangkat ke Swedia, dan dia menjadi pengajar dan choirmaster di Gothenburg, dan mulai menulis karya-karya orkestra besarnya. 

Awal 1860 pada saat situasi politik di Bohemia lebih liberal, dia memilih kembali secara permanen ke Praha. Dia terjun sepenuhnya dalam kehidupan musik di kotanya, terutama sebagai pembaharu opera Ceko. Pada 1866 dua karya operanya, The Brandenburgers in Bohemia dan The Bartered Bridge, ditampilkan Teater Provisional Praha yang baru, yang mendongkrak popularitasnya. Pada tahun yang sama, Smetana menjadi konduktor utama teater, tapi dalam tahun-tahun kepemimpinannya muncul berbagai kontroversi. Faksi dalam lembaga musik menganggap dia identik dengan gagasan-gagasan progresif dari Franz Liszt dan Richard Wagner yang bertentangan dengan pengembangan gaya opera yang khas Ceko. Sikap oposisi ini memengaruhi karya-karya kreatif dia, dan mempercepat penurunan kondisi kesehatannya sehingga akhirnya dia mengundurkan diri dari teater pada 1874.

Pada akhir 1874, Smetana menjadi tuli, pendengarannya hilang total tapi, lepas dari tugas teater dan kontroversinya, dia memulai periode yang mapan sebagai komposer dan berlanjut sampai hampir akhir sisa hidupnya. Kontribusinya terhadap musik Ceko mulai dikenal dan dihargai, tapi kejatuhan mental pada awal 1884 mengantar dia ke penahanan dalam pengasingan sampai akhirnya meninggal. Reputasinya sebagai bapak bangsa musik Ceko bertahan di negaranya, dimana para pendukungnya telah meningkatkan statusnya di atas para pendahulunya. Meskipun demikian, karya-karya Smetana relatif tidak banyak dimainkan dalam repertoir internasional, banyak komentator asing lebih menghargai Antonin Dvorak sebagai komposer Ceko yang lebih dikenal. (Wikipedia)

 

No comments:

Post a Comment