Sunday, March 24, 2024

Konser merayakan pemenang Hadiah Nobel 2023

Musik selalu menjadi bagian penting dalam perayaan Hadiah Nobel, dengan Nobel Prize Concert yang menyertai tradisi agung ini. Untuk perayaan pemberian Hadiah Nobel tahun 2023, konser musik klasik menampilkan dirigen Esa-Pekka Salonen dan pianis Julia Fisher, bersama dengan Royal Stockholm Philharmonic Orchestra, yang menampilkan karya Boccherini, Brahms dan Ravel, yang diadakan di panggung Konserthuiset Stochholm. Penonton juga dapat mendengar karya komponis muda Gabriella Smith. 

Diantara para pemenang Hadiah Nobel tahun 2023 ini yang menarik ada Narges Mohammadi, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian yang telah berjuang melawan opresi terhadap kaum hawa di Iran dan perjuangannya dalam mempromosikan hak-hak azasi manusia dan kebebasan untuk semua.

Simak video berikut yang diunggah oleh Nobel Prize di YouTube pada 9 November 2023. 




Narges Mohammadi lahir 21 April 1972 adalah aktivis HAM Iran dan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian. Dia adalah Wakil Presiden Defenders of Human Rights Center (DHRC) yang diketuai rekannya Shirin Ebadi. Mohammadi vokal menyuarakan penentangan kaum feminis atas keharusan pemakaian hijab di Iran. Pada Mei 2016 dia dijatuhi hukuman 16 tahun penjara di Tehran karena mendirikan dan melancarkan gerakan HAM yang berkampanye untuk menghilangkan hukuman mati. Dia dilepaskan tahun 2020 dan kembali ditahan tahun 2021, karena telah memberikan laporan tentang pelecehan terhadap wanita dan kurungan di ruang isolasi bagi wanita yang ditahan. Pada Oktober 2023, selagi masih ditahan, dia mendapatkan Hadiah Nobel Perdamaian tahun 2023 atas perjuangannya dalam penindasan kaum perempuan di Iran dan perjuangannya dalam mempromosikan HAM untuk semua, Kementerian Luar Negeri iran mengutuk keputusan ini. (Wikipedia).

No comments:

Post a Comment