Monday, March 18, 2024

Konserto Kucing, inspirasi bagi pianis Lang Lang


Konserto Kucing (The Cat Concerto) adalah film kartun tahun 1946 dan yang kedua puluh sembilan untuk serial Tom and Jerry, diproduksi dengan Technicolor dan dirilis ke teater pada tanggal 26 April 1947 oleh Metro-Goldwyn-Mayer (Wikipedia). Tema konserto ini diambil dari Hungarian Rhapsody No 2 karya Franz List. Konserto inilah yang menginspirasi anak kecil berumur dua tahun, yang menyukai film-film kartun pada masanya, untuk belajar main piano. 

Simak permainan si kucing ini yang sedang memainkan Konserto Kucing dan selalu diganggu si tikus.






Anak kecil itu, yang bernama Lang Lang, lahir pada 14 Juni 1982, dan setelah berangkat dewasa menjadi pianis China yang telah tampil bersama orkestra-orkestra ternama di seluruh dunia dan muncul di gedung-gedung konser ternama. Pianis yang mulai aktif sejak tahun 1990 ini adalah pianis China pertama yang pernah main bersama Berlin Philharmonic, Vienna Philharmonic dan banyak orkestra-orkestra Amerika ternama. Kritikus musik dari Chicago Tribune menyebutnya sebagai "pemain berbakat muda terbesar dan paling menarik yang saya temukan dari sekian tahun menghadiri resital piano." Lang dianggap salah seorang musisi klasik paling berhasil pada jaman modern ini menurut PBB. 
Nikmati permainan piano Lang Lang memainkan Hungarian Rhapsody No 2 karya Franz List, yang menjadi sumber inspirasi dia pada saat masih kecil. Video ini diunduh dari YouTube unggahan RuperJones pada 18 September 2008. 


No comments:

Post a Comment