Monday, July 8, 2013

Sonata Piano "Appassionata" (Beethoven)

Musik klasik tidak harus dimainkan di dalam gedung konser yang megah yang dihadiri undangan berpakaian rapi, jas, dasi dan gaun malam, tapi ternyata bisa juga dimainkan dan didengar di pinggir jalan, diantara hiruk pikuk orang berlalu lalang. Inilah yang dilakukan Valentina Lisitsa, pemain piano kelahiran Ukraina. 

Dia memainkan bagian ketiga Sonata Piano ciptaan Beethoven yang dikenal dengan nama Appassionata di piggir jalan kota Paris beberapa hari yang lalu. Dan dia memainkannya pada piano jenis upright, piano yang tingginya cuma satu meter dan hanya memiliki 85 tuts (piano salon biasanya memiliki 90 tuts). 

Nikmati permainan piano Valentina Lisitsa berikut ini, yang diunggah oleh Valentina sendiri di YouTube pada tanggal 4 Juli 2013.



Beethoven sendiri menulis karya Appassionata pada bulan Februari 1807 di Wina. Appassionata (Piano Sonata No 23 dalam F kecil opus 57), adalah satu dari tiga piano sonata yang telah diciptakannya, yang dianggapnya paling "bergairah" atau passionate. Nama Appassionata sendiri baru digunakan pada tahun 1838 setelah Beethoven meninggal. (Sumber: Wikipedia)

No comments:

Post a Comment