Sunday, June 30, 2013

Etude Opus 8 No 11 (Scriabin)

Alexander Scriabin (Wikipedia)
Karya-karya Scriabin kebanyakan berupa komposisi piano. Dengan nama lengkap Alexander Nikolayevich Scriabin, komponis Rusia yang lahir pada tahun 1872 ini dalam karya-karya awalnya banyak dipengaruhi oleh Chopin. 

Scriabin adalah salah seorang komponis yang paling inovatif dalam jajaran komponis awal modern. Menurut the Great Soviet Encyclopedia, komponis ini dicemooh sekaligus dicinta banyak orang. Leo Tolstoy, novelis Rusia pernah mengatakan musik Scriabin sebagai "pernyataan jujur seorang jenius". Tidak dapat disangkal bahwa Scriabin telah memberikan dampak dalam musik dunia sepanjang masa, dan memengaruhi banyak komponis lainnya seperti Roy Agnew, Nikolai Roslavets, Sergei Prokofiev dan Igor Stravinsky. 

Karya-karya Scriabin meliputi 10 piano sonata dan puluhan karya tunggal lainnya, umumnya untuk piano. Peminat karya-karya Scriabin dapat mengunjungi situs www.scriabinsociety.com
(Dari Wikipedia dan berbagai sumber).

Salah satu karya Scriabin, Etude Opus 8 No 11 yang dimainkan Lola Astanova berikut ini, bisa memberikan gambaran betapa karyanya sangat melodius dan romantis. Video ini diunggah ke YouTube oleh Lola Astanova sendiri pada tanggal 11 Desember 2012. 


Lola Astanova adalah pemain piano Rusia-Amerika kelahiran Tashkent tahun 1985, dikenal sebagai pianis yang terkadang mengandalkan parasnya yang cantik, meskipun kepiawaiannya memainkan piano tidak diragukan lagi. Astanova banyak memainkan karya-karya Chopin, Liszt dan Rachmaninoff. Lebih jauh tentang Lola Astanova, kunjungi situs resminya di www.lolaastanova.com

No comments:

Post a Comment