Thursday, August 15, 2013

Komposisi pilihan bulan ini

Musik abadi memiliki rentang yang panjang mulai dari era Barok, Klasik, Romantik sampai Modern, dengan rentang sampai 400 tahun. Era Barok dimulai pada tahun 1600 sampai 1750, kemudian era Klasik dari tahun 1750 sampai 1830, era Romantik mulai tahun 1804 sampai 1949 dan era Modern dari 1900-an sampai tahun 2000-an.

Komponis dari segala jaman (Wikipedia)
Masing-masing era memiliki sejumlah komponis yang merajai era-nya. Sebutlah misalnya Scarlatti di era Barok, Bach dan Mozat di era Klasik, Beethoven sampai Rachmaninoff di era Romantik, dan Debussy serta Ravel di era Modern. Tapi masih banyak lagi komponis-komponis yang menghasilkan karya-karya dengan melodi indah yang tidak lekang dimakan usia sampai sekarang bahkan mungkin sampai abad-abad mendatang.

Memilih komposisi yang mewakili era-nya masing-masing adalah pekerjaan yang sangat sulit dan bahkan mustahil untuk dilakukan. Tapi saya mencoba membuat pilihan komposisi, paling tidak untuk bulan ini, yang akan saya sajikan untuk anda semua penikmat musik abadi. Inilah komposisi pilihan saya bulan ini:

  1. Sonata dalam B Kecil dari Scarlatti, dari era Barok,
  2. Bagian Ketiga dari Klaviertrio G Dur karya Haydn dari era Klasik,
  3. Bagian Rondo dari Konserto Biola karya Beethoven dari era Romantik, dan
  4. Clair de Lune karya Debussy dari era Modern. 

Karya Scarlatti dimainkan oleh Yllka Istrefi pada piano, diunduh dari YouTube (unggahan Yllka Istrefi, 19 Jan 2013):





Karya Haydn dimainkan oleh trio Patricia Kopatchinskaja pada biola, Sol Gabetta pada violonselo dan Henri Sigfridsson pada piano, diunduh dari YouTube (unggahan rgypsy, 12 Juni 2012):



Karya Beethoven dimainkan oleh Arabella Steinbacher pada biola dengan iringan The German Radio Philharmonic Orchestra in Saarbruchen, dengan konduktor Fabrice Bollon, diunduh dari YouTube (unggahan CanisLupusSeeUs, 11 Feb 2011):



Karya Debussy dimainkan pada piano oleh Angela Hewitt pada Royal Conservatory of Music at Toronto's Koerner Hall, diunduh dari YouTube (unggahan CBC Music, 11 Feb 2012):






Sang Maha Pencipta memperlihatkan keindahan-Nya melalui karya-karya mereka yang abadi. Selamat menikmati!


No comments:

Post a Comment